TIPS BELAJAR EFEKTIF



Sebagai pelajar , kita sering merasa belajar kita tidak ada hasilnya. Padahal sudah belajar setiap hari dan durasinya juga cukup lama. Hmm… ingin mengatasi masalah ini coba Kamu baca tips berikut ini.
1.      Persiapkan hati dan fikiran Kamu. Dengan hati yang tenang dan fikiran yang siap menerima ilmu,maka dapat memudahkan kita dalam belajar.
2.      Cari tempat belajar yang nyaman menurut Kamu. Karena tempat yang nyaman kamu bisa lebih krasan untuk berda di tempat itu.
3.      Siapkan peralatan dan buku apa saja yang kamu perlukan. Sehingga Kamu bisa focus belajar dan tidak usah lagi mencari buku atau peralatan saat sedang belajar.
4.      Sebelum belajar bacalah do’a terlebih dahulu. Supaya Allah memudahkan fikiran kamu untuk menerima ilmu.
5.      Bacalah buku yang inginkamu pelajari. Bila ada yang penting maka beri garis di bawahnya.
6.      Catatlah hal-hal penting yang baru Kamu baca istilahnya buatlah rangkuman.
7.      Cobalah soal-soal yang ada di bab itu. Tujuannya supaya Kamu tahu sejauh mana dirimu dapat memahami apa yang baru saja kamu baca.
8.      Lakukan hal ini sesering mungkin dengan durasi kira – kira 30 menit – 60 menit saja. Karena apa bila kita belajar terlalu lama tapi maka otak kita akan jenuh.
Belajar efektif ini lebih baik dilakukan pada saat  setelah pulang sekolah, setelah sholat maggrib dan setelah sholat subuh.Karna setela sholat subuh fikiran kita masih segar,kalau setelah maggrib itu katanya sih itu waktu turunnya ilmu dan kalau setelah pulang sekolah itu kan kita mengulangi apa yang baru saja diberikan oleh guru di sekolah maka Kamu akan tetap ingat.
Itulah tips belajar efektif  semoga bermanfaat dan selamat mencoba…

0 Response to "TIPS BELAJAR EFEKTIF"

Posting Komentar